Senin, 19 Juli 2010

RPP Bahasa Inggris SMK Semester 2 Kelas X SMK Teknik Dipanegara 2009/2010

RPP ini saya unduh dari
Terima kasih untuk pemilik blog tersebut!


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah : SMK Teknik Dipanegara
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan : 1 – 9
Alokasi Waktu : @ 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara level Novice.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang sedang terjadi.
Indikator :
- Menceritakan peristiwa yang sedang terjadi dengan tepat sesuai dengan waktu dan tempat kejadian baik secara tulis ataupun lisan.
- Menyampaikan pernyataan dengan menggunakan “there is/are “dengan tepat sesuai dengan waktu dan tempat kejadian baik secara tulis ataupun lisan.
- Menyampaikan pertanyaan tentang peristiwa yang sedang terjadi dengan tepat baik secara tulis ataupun lisan.
- Mengungkapkan perasaan / pendapat tentang peristiwa yang sedang terjadi dengan tepat baik secara tulis ataupun lisan.

I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tulis dengan guru dan teman dalam bahasa Inggris tentang kegiatan yang sedang terjadi terkait dengan hal yang dialami ataupun kejadian di sekitarnya.

II. Materi Ajar
- Kata – kata dan ungkapan yang digunakan untuk menceritakan atau menggambarkan kegiatan yang sedang terjadi.
1. We are studying English in the class.
2. She is writing a letter on the paper.
3. When the bell rings, we will be still studying in the class.
4. When he comes to class, the teacher will be explaining the lesson.
- Grammar focus:
Present continuous tense.
(+) S + to be + Ving …
(-) S + to be + NOT + Ving …
(?) to be + S + Ving …?
Future continuous tense.
(+) S + will + be + Ving …
(-) S + will + NOT + be + Ving …
(?) will + S + be + Ving …?
- Kalimat menggunakan “there is/are …”
- Prepositions: in, on, at, under, etc
- WH-Question: who, what, when, why, how, etc
Contoh: How did it happen?
When did it happen?
Expression of feeling and opinion.
Contoh: I was very shocked to learn about the number of the victims.

III. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Drilling dan substitution drill
- Tanya jawab
- Tugas
- Diskusi

IV. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan I
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Mengajak siswa untuk melihat kegiatan yang terjadi di kelas.
3. Apersepsi : Menuliskan kegiatan yang telah ditemukan.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang pattern dari Present Continuous berikut contoh dari kalimat yang telah ditulis.
2. Guru memberikan drilling dan substitution drill
3. Siswa mengerjakan latihan yang diberikan guru.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan II
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apersepsi : Tanya jawab tentang perubahan kalimat +, -, ? dalam tenses Present continuous.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang perbedaan Present Continuous tense dan Simple Present tense
2. Guru memberikan drilling dan substitution drill.
3. Siswa secara berkelompok mengerjakan latihan yang diberikan guru.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.
c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa.
Pertemuan III
a. Kegiatan Awal
1. Informasi: Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi: Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apersepsi: Menuliskan kegiatan yang sedang dialami.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan pattern Future Continuous Tense berikut contoh kalimat yang telah ditulis dengan pttern yang tepat.
2. Siswa mengerjakan Latihan yang diberikan guru.
3. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
4. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.
c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan IV - V
a. Kegiatan Awal
1. Informasi: Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi: Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apersepsi: Tanya jawab tentang perubahan kalimat +, -,? dalam tenses Future continuous.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang perbedaan Future Continuous tense dan Simple Future tense.
2. Guru memberikan drilling dan substitution drill
3. Siswa secara berkelompok mengerjakan latihan yang diberikan guru.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan VI
a. Kegiatan Awal
1. Informasi: Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi: Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apersepsi: Menuliskan benda – benda yang ada di lingkungan sekitar.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan “there is/are …, Preposition dengan menyertakan benda – benda yang telah ditemukan.
2. Siswa mengerjakan Latihan yang diberikan guru.
3. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
4. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.
c. Kegiatan Akhir (5 menit)
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan VII
a. Kegiatan Awal
1. Informasi: Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi: Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apersepsi: Tanya jawab tentang suatu kejadian yang pernah dialami.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang ungkapan yang dapat digunakan untuk menyatakan perasaan atau opini tentang suatu kejadian.
2. Guru memberikan drilling dan substitution drill
3. Guru memberikan tugas berupa percakapan tentang ungkapan yang telah diberikan secara berpasangan.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa.

Pertemuan VIII
ULANGAN Ke I

Pertemuan IX
a. Kegiatan Awal
1. Informasi: Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi: Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apersepsi: Tanya jawab tentang bagaimana cara untuk mendapat informasi tentang suatu kejadian.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang WH-Question yang dapat digunakan untuk menayakan suatu kejadian.
2. Guru memberikan drilling dan substitution drill
3. Siswa mengerjakan Latihan yang diberikan guru.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Modul Bahasa Inggris
2. Modul Understanding and Using Grammar.
3. Hand out
VI. Penilaian
1. Tes lisan (Skor:9)
- Listen to your teacher and complete the paragraph below!
Mr. Smith will be arraving in Jakarta on Thursday, November 15. He will be staying at Borobudur Hotel. At 10 a.m. he will be meeting Mr. Mulyono of P.T. Wiraswasta Harapan. At 1 p.m. he will be having lunch at Ramayana Restaurant. At 3 p.m. He will be visiting P.T. National Global. At 8 p.m. he will be having dinner with Mr. Santoso at the Oasis Restaurant.
2. Tes tertulis (Skor: 2)
- Make question based on the underlined word below!
1. I will be taking three subjects next semester.
2. Mr. Thomas will be arriving on June 4th
3. We will be giving Hendra a book for his birthday.
4. Mr. and Mrs. Simpson will be arriving at 8.45 p.m.
5. I will be seeing the school play on Saturday night.





Tebing Tinggi, 13 Pebruari 2010

Mengetahui
Kepala SMK Teknik Dipanegara Guru Mata Pelajaran




Drs. Darmanto Siti Khodijah Lubis, S.Pd.I






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah : SMK Teknik Dipanegara
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan : 10–18
Alokasi Waktu : @ 2 x 45 menit


Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level novice.
Kompetensi Dasar : Memahami memo dan menu sederhana, jadwal perjalanan kendaraan umum dan rambu – rambu lalu lintas.
Indikator :
- Dapat menulis pesan dalam memo dengan benar.
- Dapat menjelaskan memo yang sudah ada dengan benar baik secara tulis ataupun lisan.
- Dapat menjelaskan rambu – rambu lalu lintas dengan benar baik secara tulis ataupun lisan.
- Dapat membuat dan menjelaskan berbagai macam jadwal (time table) dengan benar.
- Dapat menggunakan bentuk kata sifat dan keterangan dengan tepat untuk membandingkan sesuatu baik secara tulis ataupun lisan.

I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membuat memo, menu sederhana dan jadwal perjalanan kendaraan umum serta membaca rambu – rambu lalu lintas dalam bahasa Inggris.

II. Materi Ajar
- Memo
- Menu
- Rambu – rambu lalu lintas.
Contoh : P : Park (You can park here)
Lady : Toilet (the toilet is for women only)
- Jadwal Perjalanan Kendaraan Umum
- Degrees of comparison
* Positive : N + be + Adj
* Comparison : O(1) + be + …-er + than + O(2)
O(1) + be + more + Adj + than + O(2)
* Superlative : O(1) + be + the + …-est + of all.
O(1) + be + the + most + Adj + of all
- Reported speech
Pattern : Simple present --- Simple past
Simple past --- Past perfect
Present continuous --- Past continuous
Present perfect --- Past perfect
Now --- then
Here --- there

III. Metode
- Ceramah
- Drilling dan substitution drill
- Tanya jawab
- Tugas
- Diskusi

IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan I
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru memberikan pengulangan mengenai pelajaran yang telah lalu.
3. Apresepsi : Warming up mengenai memo.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang memo
2. Memberikan drilling dan substitution drill.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan kesimpulan hasil diskusi dan memberikan PR.

Pertemuan II
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apresepsi : Tanya jawab mengenai memo dan menu sederhana yang telah didapat oleh siswa.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang menu – menu sederhana yang biasa ditemui.
2. Siswa secara individu ataupun berkelompok mengerjakan tugas yang diberikan guru.
3. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
4. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa.

Pertemuan III
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apresepsi : Tanya jawab mengenai simbol – simbol dan rambu – rambu lalu lintas yang biasa ditemui.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang simbol – simbol dan rambu – rambu lalu lintas.
2. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
3. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
4. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan IV – V
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa.
2. Motivasi : Guru mengulang pelajaran yang telah lalu.
3. Apersepsi : Tanya jawab mengenai materi yang akan disampaikan.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang degrees of comparison.
2. Siswa secara individu ataupun kelompok mengerjakan tugas yang diberikan guru.
3. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
4. Menyimpulkan hasil pekerjaan siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan VI
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa.
2. Motivasi : Guru mengulang pelajaran yang telah lalu.
3. Apersepsi : Tanya jawab mengenai materi yang akan disampaikan.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang jadwal kegiatan dan jadwal perjalanan kendaraan umum.
2. Siswa secara berkelompok mengerjakan tugas yang diberikan guru.
3. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
4. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa.

Pertemuan VII - VIII
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa.
2. Motivasi : Guru mengulang pelajaran yang telah lalu.
3. Apersepsi : Tanya jawab mengenai materi yang akan disampaikan.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang reported speech.
2. Siswa secara individu ataupun kelompok mengerjakan tugas yang diberikan guru.
3. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
4. Menyimpulkan hasil pekerjaan siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan IX
ULANGAN ke II

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar.
1. Buku Paket Bahasa Inggris
2. Gambar yang berhubungan dengan materi.
3. Hand outs

VI. Penilaian
1. Tes lisan
- Write a menu and make dialogue with your partner



Skor: 1. Pronounciation (5 – 8)
2. Vocabulary (5 – 8)
3. Grammar (5 – 8)
2. Tes tertulis
1.
















Question
a. When do employees do their best work?
b. How many things that you can do to increase the employees?


2.

Robi : What are going to have, Roni?
Roni : I think I’ll have …



3.
Echa : What time is the bank open?
Ergi : …





4. a. b.




It’s mean … It’s mean …

5. a. Andi’s English score is … than mine (best-better)
b. Do you know where the … post office from here? (near)

6. a. Tom : I’m feeling ill.
Tom said that …
b. Ann : Budi has bought a new car.
Ann said that …

Kunci Jawaban Skor
1. a. if they are happy
b. 4 things
2. waffles and a cup of tea
3. It opens at eight
4. a. You can park here
b. You can’t stop
5. a. Better
b. Nearest
6. a. He was feeling ill
b. Budi had bought a new car 1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
Skor Maksimum 10

- Complete the table (Skor: 2)
Positive Comparative Superlative
Cheap
……………
……………
Bad
………….. ………………
Older
………………
………………
Better ……………………
……………………
Flattest
……………………
……………………

- Change into indirect sentence! (Skor: 3)
1. “I will go to Bandung next week”.
The man said that …
2. “The headmaster wants to see you”.
The teacher said to me that …
3. “I didn’t understand your explanation”.
Elly told Nyoman that …
4. “Susi wanted to speak with you”.
Rano told Mira that …
5. “I can swim”.
Fitri said that …




Tebing Tinggi, 13 Pebruari 2010

Mengetahui
Kepala SMK Teknik Dipanegara Guru Mata Pelajaran




Drs. Darmanto Siti Khodijah Lubis, S.Pd.I



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah : SMK Teknik Dipanegara
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan : 19 – 25
Alokasi Waktu : @ 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level Novice.
Kompetensi Dasar : Memahami kata – kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus.
Indikator :
- Dapat mengungkapkan berbagai ungkapan untuk menyatakan pilihan (preference) dengan tepat baik secaratulis ataupun lisan.
- Dapat mengungkapkan suatu pengandaian bentuk I (Conditional type I) dengan tepat baik secara tulis ataupun lisan.
- Dapat mengungkapkan berbagai ungkapan untuk menyatakan kemampuan (capabilities) dengan tepat baik secara tulis ataupun lisan.
- Dapat memberi atau meminta informasi tentang arah dan lokasi (direction) dengan tepat baik secara tulis ataupun lisan.

I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan kata - kata dan istilah asing serta membuat kalimat sederhana berdasarkan rumus dalam bahasa Inggris.

II. Materi Ajar
- Preference
Pattern: S + prefer + Ving / O (a) + to + Ving? O (b) …
S + would rather + V1 / O (a) + than + V1 / O (b) …
S + like + Ving / O (a) + better than + Ving / O (b) …
- Conditional type I
Pattern: if + Simple present, Simple future
- Capabilities: (+) S + can + V1…
(-) S + can + not + V1 …
(?) Can + S + V1 …?
- Direction (petunjuk arah)
Contoh: Could you show me where the bank is?
Go straight on as far as the T-junction, then turn left. The bank is on your left side.
- Preposition: in front of; behind; beside; etc.


III. Metode
- Ceramah
- Drilling dan substitution drill
- Tanya jawab
- Tugas
- Diskusi

IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan I - II
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru menuliskan kosa kata yang berhubungan dengan materi ajar.
3. Apresepsi : Tanya jawab mengenai pilihan tentang hal – hal lebih disukai oleh siswa.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang preference berdasarkan pilihan yang telah ditemukan sebelumnya
2. Memberikan drilling dan substitution drill.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir (10 menit)
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan III
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apresepsi : Tanya jawab mengenai pengandaian.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang capabilities
2. Memberikan drilling dan substitution drill.
2. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
3. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
4. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan IV
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apresepsi : Tanya jawab mengenai materi yang akan diajarkan.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang conditional sentence type I
2. Memberikan drilling dan substitution drill.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa.

Pertemuan V
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apresepsi : Tanya jawab mengenai materi yang akan diajarkan.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang preposition of place
2. Memberikan drilling dan substitution drill.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
- Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa.

Pertemuan VI
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apresepsi : Tanya jawab mengenai materi yang akan diajarkan.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang asking and giving direction
2. Memberikan drilling dan substitution drill.
3. Siswa secara individu dan berkelompok mengerjakan tugas yang diberikan guru.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan kesimpulan hasil diskusi.

Pertemuan VII
ULANGAN III

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar.
1. Buku Paket Bahasa Inggris
2. Hand outs.

VI. Penilaian
1. Tes lisan
- Express which do you prefer to the objects showen!
- Tell your teacher what can tou do and cannot!
Skor: 1. Pronounciation (5 – 8)
2. Vocabulary (5 – 8)
3. Grammar (5 – 8)
2. Tes tertulis
- Make conditional sentence using verb given! (Skor: 2)
1. The students (get) good mark, they study hard.
= The students will get good mark if they study hard.
2. The teacher (be) angry, we (no do) our homework
= The teacher will be angry if we don’t do our homework.







Tebing Tinggi, 13 Pebruari 2010

Mengetahui
Kepala SMK Teknik Dipanegara Guru Mata Pelajaran




Drs. Darmanto Siti Khodijah Lubis, S.Pd.I






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Sekolah : SMK Teknik Dipanegara
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan : 26 – 29
Alokasi Waktu : @ 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level novice.
Kompetensi Dasar : Menuliskan undangan sederhana.
Indikator :
- Dapat merangkai kata – kata menjadi kalimat yang mengandung unsur undangan dengan benar.
- Dapat merangkai kalimat dengan benar untuk membentuk undangan dengan benar.
- Dapat menuliskan undangan (misalnya: undangan ulang tahun) sederhana dengan benar.

I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat berinteraksi secara lisan maupun tulis dengan guru dan teman dalam bahasa Inggris terkait lingkungan terdekat mengenai bentuk dan warna yang biasa ditemui.

II. Materi Ajar
- Grammar review: 1. Modal: will, would, can, could.
2. Preposition: in, on, at, etc.
- Undangan.
- Invitation dialogue.

III. Metode
- Ceramah
- Drilling dan substitution drill
- Tanya jawab
- Tugas
- Diskusi

IV. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan I
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru menuliskan kosa kata yang berhubungan dengan materi ajar.
3. Apresepsi : Tanya jawab mengenai pengalaman ketika mengundang seseorang.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang merangkai kata yang mengandung suatu undangan.
2. memberikan drilling dan substitution drill.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
4. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
5. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan II
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apresepsi : Tanya jawab mengenai kosa kata yang biasa digunakan untuk mengundang seseorang.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan tentang cara menuliskan undangan dalam kalimat sederhana.
2. Siswa secara berkelompok mengerjakan tugas yang diberikan guru.
3. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
4. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dan PR.

Pertemuan III
a. Kegiatan Awal
1. Informasi : Guru menyampaikan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Motivasi : Guru melakukan pengulangan tentang pelajaran yang telah lalu.
3. Apresepsi : Tanya jawab mengenai materi yang akan diajarkan.

b. Kegiatan Inti
1. Guru mengulang tentang preposisi yang pernah diajarkan ke dalam bentuk kalimat sederhana.
2. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
3. Mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.
4. Menyimpulkan hasil diskusi siswa.

c. Kegiatan Akhir
Guru memberikan penguatan berdasarkan kesimpulan hasil diskusi

Pertemuan IV
ULANGAN ke IV

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Paket Bahasa Inggris
2. Contoh undangan.
3. Hand outs

VI. Penilaian
1. Tes lisan
- Make a dialogue about inviting your friend to your birthday party
Skor: 1. Pronounciation (5 – 8)
2. Vocabulary (5 – 8)
3. Grammar (5 – 8)
2. Tes tertulis
- Create an invitation letter to your event! (Skor 8)







Tebing Tinggi, 13 Pebruari 2010

Mengetahui
Kepala SMK Teknik Dipanegara Guru Mata Pelajaran




Drs. Darmanto Siti Khodijah Lubis, S.Pd.I

Tidak ada komentar: