Senin, 19 Juli 2010

RPP Bahasa Inggris SMK kelas X


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMK JAYABEKA 01
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/I
Pertemuan ke : 11-20
Alokasi Waktu : 21 jamx45 menit

Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara level novice.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan ciri-ciri benda, orang, waktu,
hari, bulan dan tahun.
Indikator :
• Bilangan digunakan dengan tepat dalam berbagai konteks
• Kata-kata dirangkai untuk mendeskripsikan benda berdasarkan warna, bentuk, asal, dsb.
• kata dirangkai untuk mendeskripsikan orang dari asal Negara, warga Negara dan bahasa
• kata-kata yang dirangkai untuk mendeskripsikan suatu kejadian berdasarkan waktu, hari. Bulan dan tahun.

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, benda, orang, waktu, hari, bulan, dan tahun.

Materi Pokok
• Ten, first, etc
• Plus, minus
• Adjective in series
• Nationality and language ( China – Chinese, Italy – Italian )
• So, too, neither, either



Metode Pembelajaran
• Penugasan
• Tanya Jawab
• Demonstrasi

Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
A.1. Apersepsi:
• Berdo’a dan salam
• Pembahasan PR
• Absensi siswa
A.2. Motivasi :
• Perkenalan materi dan manfaatnya untuk memotivasi siswa.
• Menanyakan pada siswa materi yang belum dipahami dan mau ditanyakan atau dibahas kembali
B. Kegiatan Inti
B. 1. Siswa diberikan penjelasan tentang materi pokok dan tujuannya.
B.2. Siswa dibimbing untuk mengucapkan cirri-ciri benda, orang, waktu,
dsb dalam bahasa Inggris dengan baik.
B.3. Dengan bimbingan guru:
B.3.1. Siswa mendiskusikan tentang hasil yang diperoleh.
B.3.2. Siswa membuat kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
B.3.3. Siswa mengerjakan soal latihan dari buku sumber/modal.
B.3.4 Membahas soal yang dianggap sulit oleh siswa.
C. Kegiatan akhir
C.1. Membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari.
C.2. Meminta siswa untuk menuliskan apa yang mereka rasakan selama
mengikuti kegiatan belajar.
C.3. Memberi PR dengan mengerjakan soal latihan dari buku sumber.



Alat dan Sumber Bahan
A. Fasilitas:
• Kelas/lab bahasa dan perlengkapannya
• Peralatan yang mendukung
B. Sumber Belajar:
• Global Access to the world of work
• Modul Bahasa Inggris HUp
• English Grammar in Use
• Person to person
• Kamus Inggris- Indonesia

Penilaian
• Prosedur : Tes awal, tes pengamatan/proses, tes akhir
• Jenis tes : Lisan dan tertulis
• Bentuk tes : Uraian
• Soal : Terlampir
• Skor Penilaian : Terlampir

Soal
1. a. Twenty first =……..
b. Thirty ninth = …….
2. twenty five …………. Five equal twenty
3. five …………….four…………………….two…………equal ten
4. My mother is reading (Indonesian, old, nice, one) novel………..
5. Sony has bought (new, a yellow, Japanese) car.
6. Kaka is from Brazil……………
He is ……………….
He speaks…………….
7. Krisdayanti has a …………………… hair and ……………… body.
8. Mr. Asep goes to Bali
Mrs. Lucy goes to Bali

9. adit didn’t do the homework
Alan didn’t do the homework
10. Adit did his homework
Alan didn’t do the homework


Kunci Jawaban Skor
1. a. 21st
b. 39th
2. minus / reduced by
3. multiplied by, divided by
4. one nice old Indonesian novel
5. a new yellow Japanese car
6. – Brazilian
- Portuguese
7. long/ straight, slim
8. Mr. asep goes to Bali and so does Mrs. Lucy
9. Adit dint do the home work and neither did Alan
10. Adit did his home work, but Alan didn’t. 1

1
1
1
1
1

1
1

1

1

Skor Maksimum 10

..... , Juli 2007
Mengetahui,
Kepala SMK JAYABEKA 01 Guru Mata Pelajaran,




........................................... ............................................














































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMK JAYABEKA 01
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/I
Pertemuan ke : 5-10
Alokasi Waktu : 12 jam x 45 menit

Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level Novice
Kompetensi dasar : Menyebutkan ciri-ciri benda, orang, waktu, hari,
bulan, dan tahun.
Indikator :
• Nama-nama benda dan kata yang mendeskripsikan warna, bentuk, asal ukuran, dsb.
• Kata-kata yang mendeskripsikan orang dilihat dari fisik, kualitas, atau sifat.
• Waktu, nama-nama hari/bulan, tahun disebutkan dengan tepat.

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, benda, orang, waktu, hari, bulan, dan tahun.

Materi Pokok
• green, good, big, Chinese
• fat, tall, beautiful, smart
• six o’clock, ten to five
• Sunday, 1st of July, August, 2006
• Book-books, baby-babies
• Have-has
Metode Pembelajaran
• Penugasan
• Tanya Jawab
• Demonstrasi

Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
A.1. Apersepsi:
• Berdo’a dan salam
• Pembahasan PR
• Absensi siswa
A.2. Motivasi :
• Perkenalan materi dan manfaatnya untuk memotivasi siswa.
• Menanyakan pada siswa materi yang belum dipahami dan mau
• ditanyakan atau dibahas kembali
B. Kegiatan Inti
B. 1. Siswa diberikan penjelasan tentang materi pokok dan tujuannya.
B. 2. Siswa dibimbing untuk mengucapkan nama-nama benda, ciri-ciri
orang, waktu dalam bahasa Inggris dengan baik.
B. 3. Dengan bimbingan guru:
B.3.1. Siswa mendiskusikan tentang hasil yang diperoleh.
B.3.2 Siswa membuat kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
B.3.3 Siswa mengerjakan soal latihan dari buku sumber/modul.
B.3.4 Membahas soal yang dianggap sulit oleh siswa.
C. Kegiatan Akhir
C.1. Membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari.
C.2. Meminta siswa untuk menuliskan apa yang mereka rasakan
selama mengikuti kegiatan belajar.
C.3. Memberi PR dengan mengerjakan soal latihan dari buku sumber.

Alat dan Sumber Belajar
A. Fasilitas:
• Kelas/lab bahasa dan perlengkapannya
• Peralatan yang mendukung
B. Sumber Belajar:
• Global Access to the world of work
• Modul Bahasa Inggris HUP
• English Grammar in Use
• Person to person
• Kamus Inggris- Indonesia

Penilaian
• Prosedur : Tes awal, tes pengamatan/proses, tes akhir
• Jenis tes : Lisan dan tertulis
• Bentuk tes : Uraian
• Soal : Terlampir
• Skor Penilaian : Terlampir
• Kunci Jawaban : Terlampir

Soal
1. All of wheel is … in shape.
2. Suci got the good score for all subjects. She is a … girl.
3. 9.30 am : …
4. I see a lot of … (wolf)
5. We celebrate the independence day on …
6. Lia … a lot of friend, she is a kind girl. (have/has)
7. Bima : Your bag looks good, what … is your bag made from?
8. Arjuna : It’s made from leather.
9. He has three … (watch)
10. Face that shaped like an egg is … face.
11.We celebrate the Kartini’s day on …, …

Kunci Jawaban Skor
11. circle
12. smart/clever
13. – half past nine
- thirty past nine
14. wolves
15. – August, 17
- 17th of August
16. has
17. substance
18. watches
19. oval
20. – April, 21
- 21st of April 1
1
1

1
1

1
1
1
1
1

Skor Maksimum 10

..... , Juli 2007
Mengetahui,
Kepala SMK JAYABEKA 01 Guru Mata Pelajaran,




........................................... ............................................









Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMK JAYABEKA 01
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/I
Pertemuan ke : 1-4
Alokasi Waktu : 9 jam x 45 menit

Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level Novice
Kompetensi Dasar : Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada
interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan.
Indikator :
• Ucapan salam pada saat bertemu dan berpisah
• Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
• Berbagai ungkapan terima kasih dan responnya
• Berbagai ungkapan penyesalan dan permintaan maaf serta responnya

Tujuan Pembelajaran
Siswa bisa memahami dan dapat menggunakan ungkapan-ungkapan dasar dengan tepat pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan.

Materi Pokok
• Good morning, how are you?
• May I introduce my self?
• Thank you, you’re welcome.
• I’m sorry for …
• I – my – she – her
• To be and Verb I
• These, that, etc.



Metode Pembelajaran
• Penugasan
• Tanya Jawab
• Demonstrasi

Langkah-langkah Pembelajaran
B. Kegiatan Pendahuluan
A.1. Apersepsi:
• Berdo’a dan salam
• Pembahasan PR
• Absensi siswa
A.2. Motivasi :
• Perkenalan materi dan manfaatnya untuk memotivasi siswa.
• Menanyakan pada siswa materi yang belum dipahami dan mau ditanyakan atau dibahas kembali.
B. Kegiatan Inti
B. 1. Siswa diberikan penjelasan tentang materi pokok dan tujuannya.
B. 2. Siswa membuat kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
B. 3. Siswa mengerjakan soal latihan dari buku sumber/modul.
B. 4. Membahas soal yang dianggap sulit oleh siswa.
C. Kegiatan Akhir
C.1. Membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari.
C.2. Meminta siswa untuk menuliskan apa yang mereka rasakan
selama mengikuti kegiatan belajar.
C.3. Memberi PR dengan mengerjakan soal latihan dari buku sumber.

Alat dan Sumber Belajar
A. Fasilitas:
• Kelas/lab bahasa dan perlengkapannya
• Peralatan yang mendukung



B. Sumber Belajar:
• Global Access to the world of work
• Modul Bahasa Inggris HUP
• English Grammar in Use
• Person to person
• Kamus Inggris- Indonesia

Penilaian
• Prosedur : Tes awal, tes pengamatan/proses, tes akhir
• Jenis tes : Lisan dan tertulis
• Bentuk tes : Uraian
• Soal : Terlampir
• Skor Penilaian : Terlampir
• Kunci Jawaban : Terlampir

Soal
1. Complete these dialogue!
2. Mr. Sheva is visiting Mr. Kaka’s office at 9 am. What should Mr. Kaka’s secretary say to greet Mr. Sheva?
3. ………………………………………………………………………….
4. b. Echa : Good Afternoon, Ergi. How are you?
5. Ergi : ……………………………………...
6. Echa : Nice to meet you.
7. Ergi : ……………………………………...
8. Toni is in class B, and Tono is in class A. … studying at SMKN 8.
9. Sarah : Hi, my name is Sarah, and you?
10. Ayu : Hi, …..
11. We have two cats, … cats are very funny.
12. She … at the supermarket everyday. (work)
13. Look! … is my teacher.
14. Budi : Congratulation on your new job, Andi.
15. Andi : ……………………………………….
16. Budi : You’re welcome.
17. 8. Astri : You broke my glass.
18. Suzy : ……………………
19. 9. Linda : How do you do?
20. Roy : ……………….
21. I live in Bandung, … phone number is 5409661.


Kunci Jawaban Skor
21. a. Good morning
B. – Good afternoon, fine thanks
- nice to meet you too
22. They are
23. my name is Ayu
24. our
25. works
26. that
27. Thank you
28. I’m sorry for breaking your glass
29. How do you do?30. My 1


1
1
1
1
1
1
1
1
1
Skor Maksimum 10

..... , Juli 2007
Mengetahui,
Kepala SMK JAYABEKA 01 Guru Mata Pelajaran,




........................................... ............................................































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMK JAYABEKA 01
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/I
Pertemuan ke : 21-32
Alokasi Waktu : 22 jam x 45 menit

Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level Novice
Kompetensi Dasar : Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup
untuk fungsi-fungsi dasar.
Indikator :
• Ungkapan penyesalan dan permintaan maaf serta responnya
• Ungkapan simpati dan responnya
• Ungkapan berbagai perasaan
• Ungkapan permintaan dan pemberian izin
• Ungkapan perintah dan permintaan
• Ungkapan penawaran barang dan jasa

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.

Materi Pokok
• I’m sorry to hear that
• Happy, sad
• Boring – bored
• May I …?
• V1 + Object! / V1 + articles!
• Would you like to + V1?



Metode Pembelajaran
• Penugasan
• Tanya Jawab
• Demonstrasi

Langkah-langkah Pembelajaran
B. Kegiatan Pendahuluan
A.1. Apersepsi:
• Berdo’a dan salam
• Pembahasan PR
• Absensi siswa
A.2. Motivasi :
• Perkenalan materi dan manfaatnya untuk memotivasi siswa.
• Menanyakan pada siswa materi yang belum dipahami dan mau ditanyakan atau dibahas kembali
B. Kegiatan Inti
B. 1. Siswa diberikan penjelasan tentang materi pokok dan tujuannya.
B. 2.Siswa dibimbing untuk mengucapkan tuturan sederhana dalam bahasa Inggris dengan baik.
B. 3. Dengan bimbingan guru:
B.3.1. Siswa mendiskusikan tentang hasil yang diperoleh.
B.3.2 Siswa membuat kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
B.3.3 Siswa mengerjakan soal latihan dari buku sumber/modul.
B.3.4 Membahas soal yang dianggap sulit oleh siswa.
C. Kegiatan Akhir
C.1. Membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari.
C.2. Meminta siswa untuk menuliskan apa yang mereka rasakan
selama mengikuti kegiatan belajar.
C.3. Memberi PR dengan mengerjakan soal latihan dari buku sumber.



Alat dan Sumber Belajar
A. Fasilitas:
• Kelas/lab bahasa dan perlengkapannya
• Peralatan yang mendukung

B. Sumber Belajar:
• Global Access to the world of work
• Modul Bahasa Inggris HUP
• English Grammar in Use
• Person to person
• Kamus Inggris- Indonesia

Penilaian
• Prosedur : Tes awal, tes pengamatan/proses, tes akhir
• Jenis tes : Lisan dan tertulis
• Bentuk tes : Uraian
• Soal : Terlampir
• Skor Penilaian : Terlampir
• Kunci Jawaban : Terlampir

Soal
1. Candra : My mother was sick and she is in the hospital.
Eri : ………………………………………………
2. Imam : I … in my English test.
Samudera : Don’t worry, you can follow the remedial test.
3. Children often become … at meeting. (bored – boring)
4. Our neighbor appear … after their vacation (relaxed – relaxation)
5. I feel … because I have passed the interview.
6. My sister felt so … when she found out her lost wallet.
7. you want to come in the classroom, what do you say?
8. You want to write something, what do you say?
Do you mind …
9. This room is dark, … the light!
10. You offered someone to read a newspaper, what do you say
Would …

Kunci Jawaban Skor
31. I am sorry to hear that
32. failed/get the bad score
33. bored
34. relaxation
35. glad
36. happy
37. May I come in the classroom?
38. Do you mind if I write something?
39. Switch on
40. Would you like to read some newspapers? 1
1
1
1
1
1
1
1
1
1

Skor Maksimum 10

..... , Juli 2007
Mengetahui,
Kepala SMK JAYABEKA 01 Guru Mata Pelajaran,




........................................... ............................................

Tidak ada komentar: